Inilah Tembilahan Negeri Seribu Jembatan

Tembilahan Negeri Seribu Jembatan
Kota Tembilahan

Tembilahan adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Riau, yaitu ibukota kabupaten Indragiri Hilir. Indragiri Hilir merupakan daerah daratan yang terpisah oleh sungai, meskipun seperti pulau, namun masyarakat di sini, tidak pernah menyebutnya sebagai daerah Pulau. Bahkan untuk desa-desa di sini, umumnya diakses menggunakan transportasi laut. 

Kehidupan masyarakat di sini, banyak yang tergantung kepada sungai-sungai, untuk kegiatan cuci dan mandi, banyak dilakukan di sungai. Meskipun air di sini, agak sedikit kumuh, karena sungai di sini berlumpur, sehingga bentuk air yang agak keruh berwarna kecoklatan, tetapi tidak menghambat warga untuk melakukan aktivitas mandi dan cuci.

Tembilahan Negeri Seribu Jembatan
Transportasi Laut di Tembilahan

Sedangkan untuk daerah pedesaan di sini, air lebih kepada warna air teh bening, karena unsur air berasal dari daerah berawa-rawa.

Mengenai julukan Tembilahan negeri seribu jembatan, itu dikarenakan daerah ini, banyak sekali jembatan yang menghubungkan wilayah satu dengan lainnya, akibat dipisahkan oleh sungai. Jika Anda memasuki daerah ini, mulai dari wilayah yang dikenal dengan nama desa Rumbai. Di sini, terdapat satu jembatan panjang, panjang jembatan berkisar 1 KM. Setelah melewati jembatan panjang ini, menulusuri daerah Indragiri Hilir, kita akan menemukan banyak sekali jembatan-jembatan pendek. Jembatan yang panjangnya 10-30 meter ini, adalah sarana melintasi sungai-sungai daerah ini.
Oleh sebab itu, daerah ini dikenal dengan " Negeri Seribu Jembatan ."

Tembilahan Negeri Seribu Jembatan
Jembatan Rumbai Indragiri Hilir
Tembilahan Di mana ?

Pertanyaan ini, sering ditanyakan oleh orang yang belum pernah sampai ke daerah ini. Karena akses yang cukup jauh dari pusat Provinsi Riau, maka banyak yang belum mengenal daerah Tembilahan ini. Jika Anda ingin pergi ke daerah Tembilahan, dari Pekanbaru pusat Provinsi Riau sekitar 290 Km. Jarak tempuh dari kota Pekanbaru akan melintasi kabupaten Indragiri Hulu, Rengat. Ya...jika kita berada di derah Rengat ini, arah Tembilahan dapat dikatakan sebagai daerah paling ujung untuk Riau daratan.

Jarak tempuh dari Pekanbaru sekitar 6-7 jam menggunakan mobil. Daerah ini, sebagian besar penduduknya bertani kelapa dan sawit. Sebagian lainnya sebagai Nelayan di daerah dan penangkap ikan di daerah rawa-rawa.

Demikianlah informasi mengenai kota Tembilahan Negeri Seribu Jembatan, semoga menambah pengetahuan kita bersama.

4 Responses to "Inilah Tembilahan Negeri Seribu Jembatan"

  1. pasti banyak orang trans dari jawa ya mas disitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campur sari seeh mas, mulai dari jawa dan daerah lainnya banyak kok yang merantau ke sini.

      Delete
  2. Belum pernah ke Riau. Baru denger namanya Seribu Jembatan. Semoga aja bisa mengeksplore Riau berkat blog, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin, semangat Mas ntar ada lomba hadiahnya ke Riau bisa tu, hihi...aku malah jarang ke mana-mana Mas, banyak di tempat aja.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel