Mengenal Desa Belantaraya di Riau

Belantaraya adalah salah satu desa di kabupaten Inhil-Riau. Daerah yang berawa-rawa ini, kehidupan 75% masyarakatnya di tepi sungai. Orang sini menyebutnya dengan laut. Transportasi laut adalah akses utama, menuju dari satu daerah ke daerah lainnya. Seperti menuju pusat pemerintahan, atau pusat kota kabupaten, yaitu kota Tembilahan. Menuju kota Tembilahan yang berjarak sekitar 32 KM, Menggunakan sped boat, menempuh jarak sekitar 2 jam perjalanan.

Mengenal Desa Belantaraya di Riau
Pasar Desa Belantaraya

Meskipun jalan darat dapat dilakukan menggunakan sepeda motor. Namun, jalan yang dilalui cukup berat, apalagi jika hari sudah hujan lebat. Jalan becek, bahkan berlumpur akan menjaditantangannya.

Salah satu akses jalan menuju kota di musim hujan

Aktivitas mandi dan cuci di sini, umumnya dilakukan oleh warga di tepi sungai, air rawa-rawa yang berwarna kemerah-merahan. Tidak menjadi hambatan untuk aktivitas, karena inilah sumber air dan kehidupan di sini. Untuk mendapatkan air bersih melalui sumur bor, musti melakukan pemboran sumur yang sangat dalam, baru bisa menemukan air bersih. Namun, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, terkadang hanya memperoleh air yang agak bercampur minyak.

Mengenal Desa Belantaraya di Riau
Transportasi Laut ( Sped Boat )

Untuk air bersih, di sini banyak menggunakan air hujan. Sehingga saat musim kemarau, sulit mendapatkan air bersih. Bahkan untuk minum pun, mengkonsumsi air hujan. Baru sekitar tahun 2016 tersedia air bersih dan adanya depot-depot penjual air bersih.

Untuk lisrik masuk desa, sekitar tahun 2008 sudah masuk pln dengan pembangkit  lisrik tenaga diesel (PLTD). Meskipun pln sudah masuk,namun hanya hidup malam hari. Seiring berjalannya waktu, setelah adanya pembaharuan lisrik,menggunakan pembangkit lisrik tenaga uap (PLTU), barulah sekitar tahun 2018, masyarakat desa dapat menikmati lisrik siang dan malam hari.

Untuk komunikasi menggunakan telepon  seluler , telah tersedia  jaringan seluler yang memadai. Namun, hanya tersedia satu layanan operator jaringan seluler. Meskipun di desa, jaringan 4G sudah dapat dinikmati.

Sedangkan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, tersedia pasar desa yang menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat. Untuk layanan kesehatan, tersedianya Puskesmas yang siap membantu dan melayani masyarakat desa dalam berobat dan mendapatkan layanan kesehatan.

Mengenal Desa Belantaraya di Riau
Aktivitas di Sungai Belantaraya

Itulah sekilas, pengenalan desa Belantaraya. Seperti itulah umumnya, kondisi desa-desa yang ada di kabupaten Inhil ( Indragiri Hilir ). Untuk kegiatan perekonomian, penduduk di sini, menggantungkan harapan pada kelapa dan sawit. Sedangkan untuk buah-buahan di desa ini, terdapat nenas yang sangat manis atau sering dikenal dengan nenas bubur. 

Demikianlah informasi mengenai desa Belantaraya yang ada di Riau ini, terimakasih telah membaca tulisan ini.

2 Responses to "Mengenal Desa Belantaraya di Riau"

  1. Deket kali bisa sekalian mancing tuh Mas, kayaknya banyak ikanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, banyak ikannya, tapi ssah mncingnya, hehe.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel