Ayo Ikutan Lomba Blog, Menang Kalah Itu Biasa


“ Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri “. (Chairul Tanjung/Pengusaha Indonesia )

Perlombaan endingnya ada yang kalah dan ada yang menang. Hal itu wajar saja dialami oleh mereka yang berlomba. Namun, jika mengalami satu kali atau bahkan beberapa kali kekalahan dalam perlombaan. Bukan berarti kita kalah, hanya saja ada hal yang harus diperbaiki dan belajar dari kekalahan melalui mereka yang menang. Pun jika selalu kalah dalam lomba setidaknya seperti yang dikatakan oleh pak Chairul Tanjung, jadikan kekalahan sebagai pengalaman dan motivasi diri.

Jenis perlombaan dalam hidup ini banyak sekali, bahkan berbuat baik pun dalam agama Islam, dianjurkan untuk berlomba-lomba. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam Firman-Nya :

...Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al- Baqarah : 148 )

Sebagai blogger kita juga sedang berlomba, berlomba di mesin pencari untuk memenangkan peringkat teratas, berlomba menyajikan konten terbaik untuk pembaca, berlomba menyajikan informasi yang konsisten di blog dan sebagainya.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang lomba menulis di blog. Dari bulan ke bulan, banyak sekali perlombaan menulis di blog. Mulai dari skala lokal sampai nasional, mulai skala blog sampai skala website perusahaan dan instansi pemerintahan. Dan kabar baiknya lagi, hadiah yang disediakan panitia juga menarik.

Hadiah lomba blog itu, mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta. Mulai dari gadget sampai mobil, tergantung kemampuan panitia yang mengadakan lomba menulis di blog. Jika tujuan kita mengikuti lomba blog itu hanya sekedar memenangkan hadiahnya saja, pastilah saat mengalami kekalahan kita kecewa dan berhenti mengikuti lomba menulis di blog untuk masa-masa mendatang.

Saya sendiri, sudah sering mengikuti lomba menulis di blog. Mungkin saya tidak begitu dikenal dikalangan blogger, karena memang belum ada sesuatu yang menonjol dalam blog sederhana yang saya kelola setahun yang lalu ini. Tetapi, saya tidak pernah menyerah untuk mengikuti lomba menulis di blog, karena saya yakin dan percaya, bahwa lomba menulis blog bukan sekedar hadiah, bukan sekedar menang dan kalah. Tetapi, lebih daripada itu banyak manfaat yang saya peroleh dari mengikuti lomba tersebut.

Manfaat Ikut Lomba Menulis Blog 



1. Mengasah Kemampuan Menulis

Inilah alasan utama saya. Mengapa tidak pernah berhenti dan tidak kapok mengikuti lomba menulis blog. Meskipun sering kalah, kekalahan lomba menulis blog tersebut saya jadikan pelajaran dan pengalaman untuk lebih baik lagi dalam lomba berikutnya.

Cara belajar dari kekalahan itu adalah dengan membaca, memahami dan mempelajari tulisan pemenang yang ikut dalam lomba menulis blog tersebut.  Selanjutnya berusaha untuk lebih memahami tema tulisan yang diperlombakan.

2. Mendapat Teman Baru

Tanpa disadari dengan seringnya saya mengikuti lomba blog, saya mendapatkan teman baru sesama penulis blog. Bahkan teman sesama bloger tersebut, banyak yang tidak pernah saya bertemu sampai hari ini. Tetapi, berkat lomba menulis blog saya menjadi akrab dan sering berbagi cerita dan pengalaman terutama tentang blog.

3. Mendapatkan Hadiah

Siapa sih yang tidak senang mendapatkan hadiah, meskipun bukan tujuan utama saya dapat hadiah, tetapi setidaknya beberapa kali menang lomba menulis di blog berhasil membawa saya menjadi juara. Senang sekali rasanya, jika tulisan kita dihargai dengan menjadi juara dan mendapatkan hadiah.
 
Itulah sedikit dari banyaknya manfaat ikut lomba menulis di blog, ayo semangat ikut lomba menulis di blog.

8 Responses to "Ayo Ikutan Lomba Blog, Menang Kalah Itu Biasa"

  1. mantap ini. betul sekali mas. semua harus di coba.

    wwww.ipung.net

    ReplyDelete
  2. ayo-ayo ikutaann.. smoga beruntung yaa

    ReplyDelete
  3. kebanyakan orang kalo ikut lomba blog cari hadiah nya mas, kek saya begitu wkwkwk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel